Cara Promosi di Instagram dengan Sesuaikan Waktu Terbaik Untuk Posting

Jam Berapa Saja Sih Waktu Ideal Untuk Posting Jualan di Instagram?

Bagi Instagram users biasa, mungkin tidak ada waktu tertentu dalam memposting foto atau video karena hal tersebut dilakukan semata-mata hanya untuk mengisi feeds akun Instagram dan sarana hiburan. Namun beda halnya jika Anda adalah seorang pebisnis online. Memposting foto atau video di Instagram menjadi sarana Anda dalam melakukan promosi ke masyarakat khususnya kepada pengguna Instagram.

Cara promosi di Instagram bukan hanya melihat konten jualan apa yang disebarkan, namun waktu juga menjadi faktor penting untuk menentukan apakah postingan Anda banyak dilihat orang atau tidak. Apalagi fitur Instagram sekarang memperlihatkan tampilan homefeeds yang tidak sesuai dengan waktu terakhir posting.

Makanya cara promosi di Instagram harus Anda ubah polanya dengan memposting konten Anda pada waktu yang tepat agar kesempatan konten Anda dijangkau banyak orang lebih besar. Kuncinya adalah timing. Percuma saja jika konten Anda sudah sempurna namun ekspektasi engagement yang diharapkan tidak sesuai harapan. Sia-sia bukan?

Untuk itu penting untuk memperhatikan timing posting konten Instagram Anda. Setiap platform memiliki audiens dengan intensitas waktu penggunaan yang berbeda-beda. Trend yang senantiasa berubah membuat waktu ideal untuk posting promosi di Instagram juga sering kali berubah.

Gak usah lama-lama lagi deh, yuk simak cara promosi di Instagram dengan sesuaikan waktu ideal untuk posting konten.

1. Waktu Ideal Bergantung Pada Karakter Followers Anda

Seperti penjelasan di awal, waktu ideal dalam memposting konten di Instagram berbeda untuk setiap bisnis. Mengapa? Karena setiap bisnis memiliki segmentasi pasar dan karakteristik followers yang berbeda sehingga untuk menentukan waktu idealnya pun tentu akan berbeda.

waktu-promosi-di-instagram-5

Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Oberlo, waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram adalah antara jam 11 Siang hingga 1 siang dan 7 malam hingga 9 malam. Sedangkan untuk hari terbaik, terpilih hari Senin, Rabu dan Kamis yang paling tepat untuk memposting di Instagram.

Cara promosi di Instagram dengan melihat jam serta hari yang terbaik dianggap ideal karena beberapa business users telah mengalaminya dimana hari dan jam tersebut memiliki tingkat engagement yang tinggi.

2. Melakukan Testing dengan Temukan Puncak Timezone Terbaik

waktu-promosi-di-instagram-2

Cara promosi di Instagram dengan menyesuaikan waktu terbaik adalah Anda harus mengetahui timezone dari followers Anda. Cara mengetahuinya sangat mudah yakni melalui Instagram Business yang memiliki fitur bernama Insights. Fitur Instagram Insights ini akan memberikan semua data yang dibutuhkan untuk mengenali follower Anda.

waktu-promosi-di-instagram-3

Dari data Insights tersebut, Anda dapat melihat demografi seperti usia, gender, lokasi dan yang paling penting kapan waktu teraktif mereka menggunakan Instagram. Data inilah yang dapat dijadikan starting point dan testing untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk memposting bagi akun Instagram Anda.

3. Buatlah Rekap Waktu Posting dan Ukur Progres nya

Jika Anda kesulitan menganalisisnya, Anda bisa memanfaatkan Google Spreadsheet untuk membantu Anda menganalisis waktu terbaik dalam memposting konten. Catat progress dan performa engagement akun Anda setiap harinya. Untuk permulaan, Anda bisa memulainya dengan menganalisa 1 minggu pertama. Buatlah kolom dari mulai Hari, Waktu, Comment dan Likes.

waktu-promosi-di-instagram-4

Lakukan perbedaan jam posting setiap seminggu sekali. Misalkan di minggu pertama hari senin Anda melakukan posting pada jam 5 sore, untuk minggu kedua hari senin lakukanlah posting pada jam 6 sore begitu seterusnya hingga minggu keempat.

Lakukan untuk keseluruhan hari dan lihat perbandingannya saat sudah mencapai minggu terakhir. Dengan begitu Anda akan dengan mudah menentukan waktu terbaik mana yang cocok untuk akun Instagram Anda.

Nah itulah cara promosi di Instagram dengan menyesuaikan waktu postingan dengan jam dan hari terbaik bagi akun Instagram Anda agar engagement dan jangkauan Anda lebih banyak di dapat. Semoga bermanfaat!

Ref: digitalentrepreneurid

Baca Juga: 5 Strategi Sukses dan Manjur Bisnis di Era Digital

5 Strategi Sukses dan Manjur Bisnis di Era Digital

Bisnis di Era Digital Makin Bersaing dengan Ikuti 7 Strategi Ini

Masih adakah yang berbisnis dengan cara offline atau hanya mengandalkan penjualan dari toko fisik saja? Rela bertaruh deh kalo sekarang banyak pebisnis yang mulai lari dan memanfaatkan penggunaan media sosial untuk pengembangan bisnis mereka.

Meskipun sebagian memegang kendali di offline dan online, namun tak bisa dipungkiri bahwa bisnis di era digital dengan penggunaan internet dan media sosial sebagai ruangnya lebih banyak menghasilkan penjualan ketimbang hanya mengandalkan pembeli yang datang ke toko fisik kita. Dan pada hakikatnya saat ini Anda memang harus terbiasa untuk mulai memanfaatkan ataupun beralih ke sebuah bisnis berbasis digital yang biasa disebut dengan Digital Marketing.

Untuk itu Anda perlu mengetahui channel (saluran) apa saja yang dapat mendukung strategi Digital Marketing. Berikut adalah 5 strategi Digital Marketing yang harus Anda ketahui dan aplikasikan di dalam pemanfaatan bagi bisnis:

1. Content Marketing

Menulis konten ataupun informasi yang terkait dengan bisnis tidak bisa diciptakan dengan sembarangan seperti halnya Anda membuat konten di sosmed pribadi Anda. Sebagai salah satu tools dalam bisnis di era digital, konten atau informasi seputar bisnis harus diciptakan dengan inovatif, ter-update dan informatif.

Jangan hanya berfokus pada menjual, menjual dan menjual, audiens Anda akan lebih senang membaca konten yang informatif namun tetap Anda selingi dengan produk bisnis Anda. Kaitkan informasi dengan manfaat produk Anda jika audiens Anda menggunakan produk Anda.

2. Email Marketing

Email kadang sering dianggap menganggu oleh para penerimanya, bahkan tak sedikit yang menganggap email tersebut adalah spam dan dampaknya email yang mereka anggap spam tidak akan dibuka dan langsung mereka buang. Maka dari itu, rencanakan dengan baik, kapan waktu terbaik Anda mengirim sebuah e-mail marketing kepada target Anda.

Pastikan Anda membuat redaksi content marketing yang sempurna dan email Anda adalah email bermanfaat yang perlu mereka lihat, untuk itu pastikan pula isi email marketing Anda dalam keadaan fresh dan relevan antara konten dengan tujuannya.

3. Landing Page (Website Bisnis)

Salah satu komponen penting dalam bisnis di era digital adalah memiliki sebuah website bisnis. Ini menjadi alasan kredibel atau tidaknya bisnis Anda di mata audiens dan menjadi faktor peningkatan kepercayaan di diri mereka. Kelola lah website Anda dengan maksimal dan efektif, jalankan pula fungsi website sebagai mana mestinya.

Isi website Anda dengan informasi yang banyak mengenai bisnis yang sedang Anda jalankan. Intinya, ubahlah website bisnis Anda menjadi sebuah landing page yang berkualitas dan bernutrisi tinggi.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Dalam bisnis di era digital, peran SEO sangat amat penting untuk pertumbuhan bisnis Anda. Sajikan content marketing yang berkualitas dengan menyisipkan keyword yang paling banyak dicari oleh mesin pencarian seperti Google.

Jika Anda telah menerapkannya, semua konten yang berkaitan dengan bisnis Anda akan masuk ke dalam halaman pertama pencarian Google. Tentu ini menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis agar bisnis mereka lebih banyak diketahui oleh audiens.

5. Tampilan Mobile (Mobile Friendly)

Strategi yang terakhir juga perlu Anda aplikasikan agar keseluruhan strategi bisnis di era digital dapat digunakan dengan maksimal. Tampilan mobile adalah salah satu strategi yang perlu diterapkan, khususnya bagi Anda yang telah memiliki landing page. Buatlah tampilan landing page Anda mobile friendly dan akses yang cepat.

Dengan begitu, calon customers Anda akan lebih mudah mengakses segala informasi mengenai produk Anda lewat gadget yang mereka gunakan. Menggunakan desain tampilan website dengan template yang menarik juga boleh.

Perlu di tekankan, memajukan bisnis di era digital dengan pemasaran online tidak cukup hanya sebatas Anda mengembangkannya lewat media sosial semata. Ranah Digital Marketing sangat luas, inilah yang perlu Anda manfaatkan. Bukan hanya di media sosial, namun manfaatkan semua ruang Digital Marketing yang ada. Dengan begitu, Anda akan meraup keuntungan jauh lebih besar ketimbang hanya mengembangkan bisnis di era digital dengan media sosial saja.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Rahasia Jualan Online Shop: Kuasai Kemampuan Jadi Sales yang Ampuh Tarik Pelanggan

Rahasia Jualan Online Shop: Kuasai Kemampuan Jadi Sales yang Ampuh Tarik Pelanggan

Rahasia Jualan Online Shop dengan Jadi Sales Mumpuni

Salah satu faktor yang mempengaruhi jualan online shop sukses adalah memiliki seorang sales yang mampu menarik pelanggan untuk akhirnya mau melakukan pembelian. Profesi seorang sales saat ini sering mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Pembeli semakin mendominasi, iklim penjualan yang selalu berubah-ubah dan teknologi yang semakin berkembang membuat seorang sales harus mampu menyesuaikan pekerjaan nya. Jangan sampai kemungkinan terburuk datang karena beberapa ahli memprediksi bahwa 15 juta sales akan hilang di tahun-tahun yang akan datang.

Untuk itu keterampilan dan kemampuan seorang sales harus terus diperbaharui sesuai dengan iklim penjualan, segmentasi dan perilaku masyarakat dalam membeli yang akan berubah setiap tahunnya sehingga success rate dari jualan online shop akan tetap stagnan atau lebih bagus lagi terus mengalami peningkatan.

Sebagai pemilik bisnis, tentu sebagian besar Anda juga merangkap peran sebagai seorang sales bukan? Karena itu, Anda perlu membaca habis artikel ini karena disini kami akan memberikan Anda lima kemampuan yang wajib Anda kuasai agar berhasil menarik pelanggan.

1. Pahami Pembeli

Rahasia Jualan Online sukses dengan kemampuan sales yang paling pertama dan penting adalah memahami pembeli. Pahami karakter dan keinginan pembeli adalah sebuah dasar dari penjualan yang efektif. Anda bukan hanya sekedar memahami mereka, namun lebih dari itu.

Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan apa yang diinginkan pembeli dan apa yang mereka harapkan dari penggunaan produk Anda adalah yang terpenting. Dua hal tersebut akan menjadi faktor utama mereka dalam menentukan keputusan membeli. Anda tidak dapat menarik mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan, jika Anda tidak memahami apa yang benar-benar sedang mereka butuhkan.

2. Melakukan Penawaran dengan Cara Responsif

Ketika Anda sudah mampu memahami apa yang dibutuhkan dan diharapkan pembeli, kemampuan selanjutnya yang harus Anda miliki adalah melakukan sebuah penawaran dengan cara responsif.

Ketika Anda telah mengetahui apa yang mereka butuhkan, lakukan sebuah penawaran dengan cara yang sopan, nyaman dan responsif. Anda bisa mulai menawarkan mereka dengan memberikan free tester untuk menunjukkan nilai dari produk Anda sehingga akan terbangun kredibilitas dan kepercayaan untuk membeli di dalam diri mereka.

3. Menumbuhkan Kepercayaan Dalam Diri Pembeli

Sales yang baik adalah sales yang mampu membangun kepercayaan dalam diri calon pembeli. Berinteraksi dengan bermain melalui psikologi mereka adalah salah satu cara cepat menumbuhkan kepercayaan agar mereka cepat memutuskan untuk melakukan pembelian. ‘Hipnotis’ mereka kalimat-kalimat penawaran yang mampu masuk ke alam bawah sadar mereka.

4. Berkomunikasi Secara Ringkas

Melihat beragamnya kesibukan pembeli, seorang sales harus memastikan bahwa interaksi yang dilakukan tidak menyita waktu pembeli. Untuk itu, Anda harus melakukan komunikasi secara ringkas.

Jangan terlalu banyak basa-basi dengan menanyakan hal yang tak penting dan bertele-tele, tanyakan apa yang mereka sedang alami, apa yang mereka butuhkan, kemudian keluarkan jurus penawaran Anda dengan membuat kalimat yang menghipnotis mereka untuk membeli.

Itu dia kemampuan sales yang harus Anda miliki agar jualan online shop Anda selalu sukses. Intinya, jangan pernah memaksa pembeli untuk membeli, mereka akan jengkel jika bertemu dengan seorang sales dengan tipe seperti sales SPG yang kerap kali memaksa kita untuk membeli.

Jika Anda membutuhkan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana menjadi sales yang ampuh menarik pelanggan, tidak ada salahnya Anda mengikuti program training Copywriting For Social Media dari kami. Disana, Anda akan belajar bagaimana membangun sebuah tulisan penawaran yang menjual dan mampu menarik pelanggan dengan cepat. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Wajib Diperhatikan! Hal Penting Agar Iklan di Facebook Tidak Ditolak

Wajib Diperhatikan! Hal Penting Agar Iklan di Facebook Tidak Ditolak

Iklan di Facebook Ditolak Melulu? Ini Dia Solusinya

Anda salah satu orang yang iklannya selalu ditolak oleh Facebook? Sepertinya Anda harus membaca artikel ini sampai habis karena sehabis membaca artikel ini, kami jamin kejadian iklan ditolak Facebook tak akan terulang kembali.

Menyenangkan memang ketika sebuah platform sosial media memberikan kita banyak kemudahan, salah satunya adalah kemudahan dalam mempromosikan bisnis kepada audiens luas. Seperti halnya Facebook. Sejak lama Facebook menawarkan sebuah fasilitas yang memudahkan penggunanya khususnya yang memiliki bisnis dalam mengiklankan produk atau jasa bisnis mereka.

Meski Facebook telah menyediakan fasilitasnya, namun kenyataan yang terjadi masih banyak pengguna yang kesulitan membuat iklan di Facebook. Lebih tepatnya bukan kesulitan membuat iklannya, tapi iklan di Facebook yang mereka buat kerap kali mendapatkan penolakan.

“Kenapa sih kok ditolak terus? Padahal produk/jasa saya kan halal, bukan bisnis macem-macem”

Pertanyaan diatas akhirnya muncul di dalam pikiran Anda ketika iklan yang Anda pasang berulang-ulang tidak mendapatkan izin dari Facebook. Tenang, mungkin memang benar bahwa produk atau jasa bisnis Anda adalah halal, bisa jadi masalahnya terdapat di aspek yang lain.

Nah kali ini kita akan mengupas tuntas hal-hal penting apa saja yang perlu Anda perhatikan supaya iklan di Facebook tidak ditolak terus dan promosi bisnis bisa berjalan lancar.

Review Iklan Sebelum Pasang di Facebook

Dalam pengaplikasiannya, Facebook tidak akan secara otomatis menyebarkan iklan yang telah di pasang kepada audiens. Ada beberapa proses pratinjau yang dilakukan Facebook selama kurun waktu 24 jam. Ini dilakukan karena iklan di Facebook harus memenuhi kebijakan periklanan yang tertera di Facebook.

Komponen penting yang menjadi bahan pratinjau Facebook adalah dari segi gambar iklan, caption, target audiens yang dituju dan posisi penempatan iklan di Facebook yang Anda pasang.

Untuk meminimalisir terjadinya penolakan, sebelum Anda memasang iklan di Facebook alangkah lebih baik jika Anda memeriksa keempat komponen tersebut apakah sudah sesuai dengan kaidah yang Facebook tetapkan atau belum.

Tipsnya, gambar  dan caption iklan harus berkesinambungan, target audiens harus di tetapkan dengan jelas dan mendetail (kepada siapa saja, umur berapa saja, domisili mana saja) dan yang terpenting Anda harus memasukkan link landing page ke dalam iklan Facebook agar Facebook melihat bahwa bisnis Anda berkredibel. Dengan begitu, posibilitas iklan di Facebook ditolak akan semakin kecil.

Konten Iklan di Facebook Juga Perlu Diperhatikan Nih

Jenis konten yang diiklankan juga menjadi bahan pertimbangan yang penting apakah iklan Anda layak untuk di pasang atau tidak. Biasanya konten-konten negatif ataupun produk ilegal adalah sebagian konten yang akan selalu ditolak oleh Facebook. Selain itu, produk atau jasa bisnis yag tidak memiliki landing page atau landing page yang tidak aktif juga tidak akan mendapatkan izin iklan dari Facebook.

Pastikan iklan bisnis Anda jauh dari konten-konten yang dilarang diatas. Facebook memiliki aturan dan ketentuan sendiri dalam memilih iklan mana yang layak dipromosikan dan mana yang tidak, karena Facebook juga harus memastikan bahwa platform mereka harus bebas dari hal-hal yang bersifat negatif dan merugikan publik.

Sekarang sudah terbayang bukan bagaimana cara Anda membuat iklan yang tidak akan ditolak oleh Facebook? Sebenarnya Facebook menyediakan fasilitas untuk Anda mengedit iklan yang sudah dipasang tapi ditolak oleh Facebook, namun kami lebih menyarankan Anda untuk mencegahnya dengan melakukan review sebelum Anda benar-benar pasti untuk memasang iklan di Facebook.

Baca Juga: Meningkatkan Penjualan Online dengan Strategi Diskon

Meningkatkan Penjualan Online dengan Strategi Diskon

Meningkatkan Penjualan Online dengan Diskon, Gak Bikin Rugi Kok

Bagi sebagian para pebisnis, pemberian diskon mungkin adalah hal yang tidak disukai. Mereka berpikir bahwa memberikan diskon, penawaran spesial, promo dan strategi harga murah lainnya akan memberikan dampak yang kurang bagus bagi kenaikan omset penjualan. Namun strategi diskon justru menjadi salah satu cara ampuh dalam meningkatkan tingkat penjualan online bisnis Anda.

Penjualan yang mampu mencapai success rate tinggi adalah penjualan yang terencana dengan memiliki kemampuan untuk menarik calon prospek (customer) baru, mencapai target penjualan saat musim penjualan sedang lambat atau berada di titik terendah. Apalagi dalam upaya meningkatkan penjualan online, strategi harga murah atau diskon penting untuk dilakukan.

Sebelum Strategi, Pahami Dulu Langkah Dasarnya

Sebelum Anda melakukan strategi ini kepada masyarakat, Anda harus merencanakannya dengan matang dan periksa struktur harga jangan sampai potongan harga yang dibandrol terlalu besar atau kecil sehingga efek yang di dapat kurang maksimal. Karena sebuah penjualan tanpa rencana adalah bencana.

Sebelum mengetahui strategi diskon yang bisa dilakukan dalam meningkatkan penjualan online, Anda harus mengetahui terlebih dulu langkah-langkag dasar ketika akan merencanakan suatu strategi diskon.

1. Mengidentifikasi margin keuntungan yang ada, break event point dan mark-up harga yang masuk akal.

2. Meriset diskon penjualan apa yang sekiranya masih bisa menghasilkan keuntungan

3. Cari tahu diskon atau promo apa yang biasanya sering dilakukan kompetitor Anda

4. Pikirkan cara lain untuk meningkatkan penjualan online tanpa harus menurunkan harga terlalu rendah

5. Mengidentifikasi produk atau jasa apa saja yang terlihat menurun dalam setahun kemarin.

Nah, jika Anda sudah memahami kelima langkah dasar diatas, ini waktunya Anda siap mengetahui apa saja strategi diskon yang ampuh dalam meningkatkan penjualan online bisnis Anda. Baca sampai akhir ya.

1. Menetapkan Persentase Diskon Sesuai Produk

Strategi diskon ini sebenarnya sudah cukup ‘pasaran’ dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk memberikan intensif pembelian dan meminimalisir kerugian. Namun, jika Anda baru akan mencoba tips ini, Anda bisa mencobanya dengan mematok persentase antara 5-10% untuk produk baru Anda. Tujuannya agar mendorong minat pembeli sehingga keputusan pembelian dapat terjadi.

Namun beda hal ketika Anda memiliki produk yang kurang laku, Anda bisa mematok diskon 25% bahkan hingga 70% jika stok produk lama Anda ingin cepat habis sehingga ruang penyimpanan Anda tidak akan sesak lagi. Cara ini dianggap menjadi cara efisien untuk menghabiskan produk-produk Anda yang kurang laku di pasaran.

2. Diskon Untuk Followers Baru

menargetkan-penjualan-strategi-diskon-2

Tips kedua ini juga bisa menjadi strategi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan Online. Pebisnis online pasti memanfaatkan media sosial sebagai tempat mereka dalam berbisnis. Dengan memberikan followers baru Anda diskon, Anda bisa mendapat double keuntungan dalam satu waktu. Pertama, followers Anda akan bertambah. Kedua, tingkat pembelian juga akan meningkat.

3. Penawaran Diskon Secara Berkala (Mingguan/Bulanan)

meningkatkan-penjualan-strategi-diskon-3

Tips ketiga ini mungkin dirasa cukup kuno ya untuk zaman sekarang, tapi rupanya beberapa bisnis online yang masih menerapkan diskon ini ternyata hasilnya masih cukup bagus juga dalam meningkatkan penjualan online dan loyalitas customer lho.

Jika Anda teratur membuat penawaran/diskon secara berkala baik itu mingguan atau bulanan, ini bisa mendorong pembeli untuk selalu loyal pada Anda dan terus kembali membeli produk Anda ketika sudah habis penggunaannya. Mereka akan selalu tertarik melihat apa yang ditawarkan lagi oleh Anda kepada mereka.

4. Diskon Share di Media Sosial

Disamping dari strategi diskon nomor 2, alternatif lain saat tips nomor 2 sudah dilakukan adalah melakukan diskon yang satu ini. Syarat melakukan share akun sosial media bisnis Anda kepada teman-teman, rekan atau keluarga mereka di sosial media juga cukup ampuh dalam menggiring banyak prospek ke akun Anda. Keuntungan yang di dapat juga sama seperti strategi nomor 2, namun skalanya tentu lebih besar.

Sifat manusia yang selalu tergiur ketika melihat sesuatu berbau harga murah atau promo adalah manusiawi. Untuk itu, strategi diskon sebenarnya tidak akan begitu membuat bisnis Anda rugi, apabila Anda mampu melakukannya dengan perhitungan yang benar. Dengan menjalankan langkah dasar diikuti dengan strategi diskonnya, kami yakin Anda mampu meningkatkan omset penjualan online Anda.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing Gaet Ribuan Customer dengan Positive Language

Strategi Digital Marketing Gaet Ribuan Customer dengan Positive Language

Strategi Digital Marketing dengan Bahasa Positif Untuk Konten Bisnismu

Merancang strategi digital marketing bisa dioptimalkan dari segi apapun. Salah satu yang bisa Anda optimalkan adalah dengan melakukan positive language kepada audiens Anda. Ini merupakan salah satu strategi digital marketing yang cukup penting.

Kenapa? Karena konten diciptakan untuk menjual, dan kunci untuk menciptakan konten yang menjual adalah Anda harus mampu membangunnya dengan bahasa persuasif yang mengarahkan mereka kepada tindakan pembelian.

Apa yang Dimaksud dengan Positive Language?

Pada dasarnya, sifat alami manusia jika menerima sebuat kalimat atau informasi baik disampaikan secara verbal maupun tulisan, secara spontan mereka akan melakukan reaksi. Disinilah tujuan strategi digital marketing dibutuhkan, mendorong reaksi audiensi dengan positive language yang diberikan oleh para penjual.

Jadi, positive language adalah memberi tahu pembaca apa saja yang harus mereka lakukan secara tegas, daripada apa yang seharusnya tidak mereka lakukan. Masih bingung? Kami akan memberikan sebuah demo kecil untuk Anda.

Hubungi kami sekarang juga sebelum anda menyesal

dan

Jangan Ragu untuk Menghubungi kami terlebih dahulu

Bisakah Anda membedakan mana kalimat yang mengandung positive language?

Jawabannya ada pada kalimat pertama. Kalimat “Hubungi kami sekarang juga sebelum Anda menyesal” seakan memberi tahu audiens apa yang harus mereka lakukan, dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan positif atau sesuai perintah yang diberikan. Ini juga akan memicu audiens melakukan tindakan positif selanjutnya seperti yakin untuk melakukan pembelian.

Sedangkan kalimat kedua cenderung kepada bentuk kalimat yang tidak mendorong audiens untuk bergegas melakukan tindakan tersebut. Akibatnya, tidak terjadi tindakan positif lebih lanjut dari tujuan tulisan ajakan Anda tersebut.

Lalu, Bagaimana Cara Menggunakan Positive Language?

Dalam strategi digital marketing, Positive language akan menuntun Anda melangkah hingga ke tahap pengambilan keputusan pembelian. Untuk itu cara berkomunikasi Anda dengan calon pembeli lewat tulisan akan mempengaruhi tindakan mereka selanjutnya. Apakah hanya berhasil sampai tahap awareness atau kesadaran informasi saja, atau Anda mampu ‘mendesak’ calon customer sampai pada tahap tindakan keputusan untuk membeli.

Setiap konten yang diciptakan harus mampu membuat audiensi tergerak untuk melakukan tindakan. Menggunakan positive language adalah cara terbaik untuk membuat mereka langsung tertarik dengan produk yang Anda jual. Caranya bagaimana? Gunakan bahasa yang santai namun mampu memainkan emosi audiens dalam konten postingan produk Anda.

Dengan menggunakan bahasa positif dibantu dorongan emosi, Anda akan mendapatkan respon yang lebih powerful dari audiens. Hasilnya, audiens akan yakin untuk mengambil tindakan keputusan terhadap pembelian.

Contoh lain saat Anda memposting konten tentang produk Anda yang kehabisan stok, Anda bisa menggunakan bahasa positive language agar calon customer yang lain tetap membeli dan tidak pindah ke toko lain.

Biarpun produknya lagi abis stok, kamu masih bisa memesannya kok karena kami akan melakukan restock di bulan depan. kita akan pastikan kalo barangnya available di bulan depan dan langsung kita kirim ke rumahmu. so, don’t worry 🙂

Jadi, penggunaan positif language sangat penting untuk menunjang strategi digital marketing khususnya dalam content marketing. Positive language mampu meningkatkan efektivitas informasi yang Anda bagikan kepada audiens sehingga akan berdampak pada dorongan aksi nyata dari mereka.

Baca Juga: Strategi Bisnis Online Supaya Customer Cepet Transfer, Penjualan Gak PHP

6 Target Bisnis Untuk Meningkatkan Omset Penjualan di 2019

Susun Target Untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Bisnis Anda kurang ‘nendang’ untuk meningkatkan omset penjualan di tahun lalu? Mungkin hal tersebut bisa disebabkan karena Anda tidak mempersiapkan strategi dan target dengan matang.

Untuk tahun 2019 ini, kami akan membantu Anda dalam menyusun target bisnis agar mampu meningkatkan omset penjualan. Baca sampai habis.

1. Analisis Tim Sales Untuk Optimalkan Kinerja

target-tingkatkan-omset2

Upaya meningkatkan omset penjualan bukan dari jumlah tim yang bekerja, tapi seberapa baik kinerja mereka dalam mencari customer. Anda harus mampu menyelesaikan masalah dan kendala yang tim sales Anda sering hadapi di tahun 2018.

Tingkatkan kapabilitas mereka, temukan kelemahan mereka dan libatkan mereka dalam strategi Anda agar mereka termotivasi dan mampu memberikan improvement performance.

2. Tentukan Niche Market dan Apa yang Mereka Butuhkan

target-tingkatkan-omset3

Tentukan dengan melihat dari berbagai aspek seperti gender, umur, pendapatan dan yang lainnya. Setelah itu, cari tau apa yang niche market Anda butuhkan karena bisnis saat ini bukan lagi melihat produk yang dijual, tapi apa yang dibutuhkan oleh target pasar Anda.

Anda bisa menggunakan polling yang tersedia di fitur sosial media untuk melihat apa yang mereka butuhkan saat ini dari produk Anda. Lalu, berinovasilah.

3. Identifikasi Poin Menarik dari Produk Anda

target-tingkatkan-omset4

Kalau Anda pernah mendengar istilah Unique Sales Proposition, inilah target selanjutnya yang perlu Anda lakukan. Untuk meningkatkan omset penjualan, setidaknya bisnis Anda harus memiliki daya tarik yang berbeda bahkan tidak dimiliki oleh kompetitor.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menjual produk karena Anda sudah mampu memberikan penjelasan mengapa mereka perlu membeli produk Anda, bukan produk orang lain.

4. Susun Strategi Pendapatan Dengan Tren Inovasi Terbaru

target-tingkatkan-omset7

Yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa terlebih dahulu pendapatan bisnis Anda di tahun 2018.

Kemudian mulailah susun strategi yang mampu meledakkan penjualan agar penurunan omset bisa terminimalisir serta integrasikan strategi Anda dari tahun ke tahun dengan terus memperbaharui tren inovasi terbaru.

Susun strategi dengan membuat draft persentase kemungkinan peningkatan. Buat persentasenya serealistis, masuk akal dan dapat dicapai.

5. Pecah Target Besar Kedalam Kelompok Kecil

target-tingkatkan-omset5

Target bisnis yang Anda buat tentu sangat besar, tapi jika Anda tidak memecah target tersebut dalam skala kecil, Anda akan kesulitan untuk meraihnya.

Pecah target besar menjadi beberapa kepingan target agar Anda mampu meraihnya secara perlahan.

Misal, jika persentase pendapatan di tahun ini ingin meningkat 12%, buatlah menjadi beberapa bagian seperti 4% di 4 tahun pertama, pertengahan dan akhir tahun.

6. Membuat Konten dengan Kualitas Terbaik

target-tingkatkan-omset6

Jika upaya meningkatkan omset penjualan di tahun 2018 kurang berarti, hal tersebut bukan terjadi karena produk yang Anda jual memiliki kualitas buruk. Namun bisa jadi karena Anda belum mampu mempresentasikan produk Anda dengan baik kepada publik.

Buatlah konten tentang produk Anda dengan tonjolkan kelebihan dan kegunaan dari produk Anda, coba untuk mengedukasi publik, bukan menjual.

Itulah 6 target bisnis yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan omset penjualan di Tahun 2019. Jika semua target diatas sudah mampu Anda jalankan, tinggal tunggu mantra penjualan bekerja di dalam bisnis Anda.

Voila, omset akan meningkat sesuai dengan harapan Anda.

Kami juga ingin memberikan Anda e-book gratis tentang mempromosikan online shop agar bisnis Anda bisa eksis. Download disini.

Baca Juga:Mengenal KPKU BUMN, Ciptakan Kinerja Unggulan Perusahaan Berdaya Saing Tinggi

Penerapan Malcolm Baldrige Performance Excellence Criteria di BUMN

Mengenal Malcolm Baldrige Performance Excellence Criteria

Pengoptimalan kualitas dan kinerja tim dalam suatu perusahaan telah lama menjadi perhatian khusus para pemimpin perusahaan sejak pertengahan tahun 1980-an.

Banyak pemimpin baik perusahaan industri maupun pemerintah melihat bahwa mereka membutuhkan pengoptimalan kualitas agar terus berkembang di pasar dunia yang penuh tuntutan dan kompetitor kuat.

Hingga akhirnya, Amerika menciptakan standar keunggulan kinerja bernama Malcolm Baldrige Performance Excellence Criteria. Kriteria tersebut menjadi standar keunggulan kinerja yang akan membantu perusahaan di Amerika mencapai kualitas kelas dunia.

Menjadi pionir dalam standar keunggulan kinerja perusahaan, Malcolm Baldrige Performance Excellence Criteria berkembang dan kini menjadi acuan seluruh dunia dalam menetapkan standar kinerja yang unggul di dalam perusahaan.

Dalam jenis bisnis yang berkembang saat ini, Malcolm Baldrige Performance Excellence Criteria membantu perusahaan untuk tumbuh dengan melalui berbagai tantangan seperti tantangan keterbukaan, transparansi, menciptakan nilai bagi perusahaan maupun customer serta tantangan untuk berinovasi dengan cepat dan memanfaatkan aset ilmu pengetahuan.

Malcolm Baldrige Performance Excellence Criteria dianggap penting karena standar kriteria ini merupakan kerangka kerja manajemen yang paling komprehensif dari seluruh kerangka kerja yang tersedia.

Dengan standar kriteria ini, pemimpin akan mampu memahami semua kekuatan internal dan eksternal dalam menggerakan bisnis maupun perusahaan mereka.

Selain itu, Baldrige juga membantu perusahaan di seluruh dunia untuk bisa memperbaiki kinerja mereka mengacu pada apa hal yang paling krusial yang dapat membantu perusahaan meraih kesuksesan.

Serta memilih tindakan apa yang mampu menghasilkan pencapaian, peningkatan dan mempertahankan kinerja perusahaan agar terus berkembang sebaik mungkin.

Nilai Penting Malcolm Baldrige Performance Excellence Criteria

Malcolm Baldrige Performance Excellence Criteria dirancang untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan manajemen kinerja perusahaan.

Selain itu, kriteria ini juga memiliki nilai penting yang berorientasi pada hasil yang baik dan menciptakan tindakan untuk umpan balik (feed back) seperti:

1. Kepemimpinan yang memiliki gambaran visi misi

2. Keunggulan yang didorong oleh pelanggan

3. Pembelajaran organisasi dan personal

4. Menghargai tenaga kerja dan mitra

5. Kecepatan

6. Berfokus pada masa depan

7. Mengelola Inovasi

8. Pengelolaan Sesuai Fakta

9. Tanggung Jawab Kemasyarakatan

10. Berfokus pada hasil dan penciptaan nilai

11. Perspektif Kesisteman

Penerapannya di Perusahaan BUMN Indonesia

Indonesia merupakan satu dari sekian banyak negara di dunia yang mengadopsi Malcolm Baldrige Performance Excellent Criteria sebagai acuan standar kinerja perusahaan khususnya dalam perusahaan BUMN.

Dengan nama Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU), Kementerian BUMN di Indonesia telah menetapkan kriteria tersebut sebagai pedoman pengelolaan dan peningkatan kinerja BUMN sejak tahun 2012.

Mengacu pada Malcolm Baldrige Performance Excellent Criteria, penilaian KPKU memiliki tujuan utama yakni untuk menentukan daya saing yang tinggi dan menilai kekuatan internal perusahaan.

Di tahun 2019 ini, pemerintah Indonesia juga mengharapkan adanya peningkatan perusahaan BUMN yang mendapatkan titel Good Performance dari hasil penilaian kinerja mereka yang berbasis pada KPKU sebanyak 75 perusahaan BUMN.

Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih detail mengenai KPKU dan implementasinya, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti workshop dari kami, TUW Consultant. Lihat detailnya dengan klik disini.

Baca Juga: KOMINFO Cabut Akses Pemblokiran, Tumblr Bisa Diakses Lagi di Indonesia

Cabut Akses Blokir, Ini Tips Trik Membuat Content Marketing di Tumblr

Mahir Buat Content Marketing di Tumblr

Setelah delapan bulan diblokir, akhirnya media microblogging terkenal, Tumblr bisa kembali diakses bebas oleh pengguna internet di Indonesia.

Ini dikarenakan manajemen Tumblr sudah memenuhi tuntutan pemerintah Indonesia terhadap konten-konten negatif khususnya pornografi agar tak lagi bisa diakses di Indonesia.

Pencabutan akses blokir ini tak hanya dirasakan oleh para bloggers yang biasa membuat konten di Tumblr, namun juga bisa menjadi platform baru bagi business owners dalam upaya promosi melalui pemanfaatan Tumblr.

Berbeda dengan platform sosial media lainnya, di Tumblr, cara mempromosikan sebuah bisnis bukan dengan mengiklankan dan menjual secara gamblang produk atau jasa, melainkan lebih ke penggunaan content marketing nya.

Melalui Tumblr, Anda bisa dengan mudah menyebarluaskan content marketing kepada jutaan pengguna Tumblr sehingga kamu bisa mendapat banyak audiens tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk iklan berbayar.

Lalu bagaimana cara membuat content marketing yang baik di Tumblr? Baca artikel ini sampai habis.

1. Lupakan Hal Tentang ‘Hard Selling’ Marketing

Jangan salah paham, kami bukan menyuruh Anda untuk melupakan promosi pemasaran, namun ubahlah gaya promosi pemasaran Anda di Tumblr agar tidak terlihat seperti hard-selling.

onten-pemasaran-di-tumblr-2

Buatlah content marketing di Tumblr yang sifatnya soft-selling seperti konten untuk membangun brand awareness produk Anda maupun mengedukasi audiens Tumblr dengan informasi yang bermanfaat agar terciptanya engagement.

2. Berikan Konten Terbaik

Audiens membutuhkan konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk mereka. Bukan produk ataupun servis, melainkan informasi, hiburan atau tips dan trik. Seperti yang kami lakukan ini kepada Anda.

konten-pemasaran-di-tumblr-4

Karena apa? Karena ketika Anda memberikan mereka hal-hal berharga dengan cuma-cuma, audiens akan merasa ingin tahu lebih dalam mengenai bisnis Anda.

Itulah poin utamanya, bagaimana lewat penyajian content marketing berupa informasi dan hiburan mampu mengkonversikan audiens menjadi pelanggan.

3. Buat Konten yang Sering Orang Bagikan

Tumblr memberikan Anda kemudahan untuk membagikan konten kepada publik. Tentu asalkan konten yang Anda bagikan worth untuk dibagikan.

konten-pemasaran-di-tumblr-3

Banyak konten yang bisa Anda bagikan dan sekaligus menjadi content marketing menarik seperti foto dengan kata-kata mutiara, foto-foto lucu seperti meme atau animasi parodi, factograph atau foto dengan menyelipkan informasi berupa fakta dan sebagainya.

Saat Anda membuat sebuah konten marketing, jangan pikirkan tentang apa yang ingin kamu bagikan, tapi apa yang akan audiens bagikan kepada orang banyak.

4. Sempatkan Membuat Konten Postingan yang Panjang

Tips ini bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesempatan apakah konten yang kamu buat bisa menjadi viral dan dibaca banyak orang.

konten-pemasaran-di-tumblr-5

Dampak dari konten yang dibuat panjang akan membuat pikiran audiens bekerja beriringan dengan sesuatu yang sedang ia baca, kemudian mereka akan mengambil ‘jeda’ untuk menganalisis dan menelaah apa yang dibacanya hingga akhirnya, audiens akan mampu menyimpulkan dan take action dari apa yang telah mereka pahami.

Anda bisa mengambil alih pikiran audiens agar mampu seperti deskripsi diatas lewat content marketing yang Anda buat dengan panjang dan berkualitas.

Selain mampu menaikkan traffic, content marketing Anda juga akan sering muncul dalam pencarian Tumblr dan Google.

Sampai saat ini, Tumblr memang masih belum begitu banyak dimanfaatkan sebagai platform bisnis. Semoga dengan tips membuat content marketing diatas, Anda mampu mengjangkau audiens lebih luas lagi melalui pemanfaatan situs microblogging yang memiliki lebih dari 345 juta pengguna ini.

Baca Juga: KOMINFO Cabut Akses Pemblokiran, Tumblr Bisa Diakses Lagi di Indonesia

Ketahui 5 Strategi Jualan di Instagram Dengan Target Kaum Millenials!

Strategi Jualan di Instagram Tertarget Untuk Generasi Zaman Now a.k.a Kaum Millenials

Kaum millenials menjadi target yang sangat penting untuk dimanfaatkan para business owner. Tidak hanya menjadi generasi yang memiliki kaum terbanyak, namun mereka juga merupakan kaum yang paling sering melakukan transaksi baik pembelian maupun penggunaan jasa sepanjang tahun.

Sebelum memberi tahu Anda tentang strategi jualan di Instagram dengan target kaum millenials, Anda perlu tahu hal ini. Dilansir dari Shopify, tahun 2020 mendatang, diprediksi kaum millenials di dunia akan menghabiskan 1.4 triliun dollar per tahunnya untuk melakukan transaksi.

Angka yang fantastis bukan? Setelah Anda mengetahui hal tersebut Anda masih ragu untuk berbisnis dengan menargetkan kaum millenials?

Bayangkan keuntungan yang bisa Anda dapat jika Anda mampu mengaplikasikan strategi jualan di Instagram dengan target pasar Anda yakni kaum millenials alias muda-mudi jaman now.

Jika mindset bisnis Anda sudah mulai berubah dan terbuka, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengetahui strategi jualan di Instagram untuk target pasar millenials. Kami akan bahas sekarang.

1. Konten User Generated

Strategi jualan di Instagram untuk kaum millenials yang pertama adalah memanfaatkan konten User Generated, konten yang dibuat dan dihasilkan oleh followers Anda. Karena kaum millenials lebih dari 50% percaya akan konten yang dibuat melalui User Generated.

marketing-strategi-di-ig-2

Untuk Instagram, Anda bisa merepost-ing konten yang dibuat oleh followers Anda. Tentunya, Anda harus meminta mereka untuk mau mempromosikan produk Anda terlebih dahulu.

Ide mereka dalam mempromosikan produk sangatlah unik dan beragam. Lakukanlah strategi jualan di Instagram seperti ini sesering mungkin, followers Anda perlahan akan berkonversi menjadi pelanggan baru.

2. Pemasaran dengan Taktik Influencer

Faktanya 60% kaum millennial tergoda untuk mencoba produk yang direkomendasikan oleh para influencer seperti endorse selebgram atau publik figur, YouTuber maupun Vlogger.

marketing-strategi-di-ig-3

Berkolaborasilah dengan para influencer di sosial media. Karena penargetan seperti ini menjadi area pasar yang berpotensi besar, khususnya untuk produk-produk wanita seperti kosmetik dan fashion.

3. Lakukan Live Streaming Lewat Instagram

Kaum millenials lebih senang mengkonsumsi hal-hal yang langsung terjadi terutama jika informasi atau hal yang didapat berupa konten live. Sama halnya dengan strategi jualan di Instagram yang satu ini.

marketing-strategi-di-ig-4

Anda bisa melakukan live streaming baik itu lewat Instagram Live Story maupun IGTV. Seperti membuat acara live streaming peluncuran produk, behind the scene maupun acara perayaan.

4. Sosialisasi yang Baik

Terlibat dalam sosialisasi dan beragam isu sosial juga sepertinya menjadi salah satu strategi jualan di Instagram yang dapat menarik kaum millenials. Anda bisa melakukannya dengan mencari suatu masalah yang biasa dihadapi oleh kaum millenials, dan Anda lah penyelamat mereka.

marketing-strategi-di-ig-5

Selain itu, melakukan donasi dari sebagian profit, mengadakan giveaway atau sale juga dianggap ampuh dalam menarik minat kaum millenials untuk bergabung dalam event sosial yang Anda lakukan.

5. Mobile Friendly

Kaum millenials identik dengan penggunaan teknologi nya yang tinggi. Fakta menyebut bahwa 87% kaum millenials selalu menggunakan smartphone dengan intensitas yang cukup tinggi setiap harinya.

marketing-strategi-di-ig-6

Hal tersebut menjadikan smartphone sebagai gerbang utama untuk orang-orang menembus internet. Maka dari itu, perlu adanya pengoptimasian smartphone tak terkecuali untuk bisnis.

Mulai dari kampanye e-mail untuk website bisnis, dan segala hal yang berkaitan dengan bisnis online Anda harus teroptimasi mobile friendly. Jangan sampe customer Anda mengalami permasalahan seperti load times yang lama, server yang sibuk dan lain sebagainya.

Strategi jualan di Instagram memang akan selalu mengalami perubahan. Namun kelima strategi jualan di Instagram diatas setidaknya bisa menjadi wawasan tips anda dalam berbisnis di Instagram sehingga Anda mampu ‘mengadopsi’ banyak pelanggan.

Jika Anda butuh pembelajaran tentang optimasi Instagram, tidak ada salahnya untuk mencoba ikuti kelas dari kami, IG Power Account. Klik disini untuk info detailnya.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Wajib Tau! 6 Tools Instagram Untuk Bisnis Mudahkan Penjadwalan Postingan