Lakukan Strategi Startup Founder Untuk Sukses Membangun Tim

Sukses Membangun Tim Dengan Lakukan Strategi Berikut Sebagai Startup Founder

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membangun sebuah bisnis berarti Anda juga telah siap untuk berkolaborasi dengan berbagai orang-orang yang akan membantu kesuksesan bisnis Anda. Seorang startup founder penting untuk memiliki sebuah tim di dalam bisnisnya, karena tidak ada satupun founder yang mampu membangun bisnis seorang diri. Betul?

Membangun tim membutuhkan banyak persiapan. Jika Anda masih bingung dalam menentukan ide untuk mencari orang-orang yang pas untuk berkolaborasi bersama Anda, sepertinya Anda perlu membaca artikel kami hingga selesai karena kami akan memberikan 4 strategi dalam mencari orang-orang yang akan membantu menumbuhkan bisnis Anda.

1. Rekrut Skill, Bukan Pengalaman

Strategi membangun tim yang pertama adalah tanamkan mindset dalam kepala Anda bahwa Anda harus mencari orang-orang yang memiliki kemampuan, bukan sekedar pengalaman. Kemampuan akan menjadi pondasi utama karena dalam startup, semua orang akan sama-sama berkolaborasi untuk membangun bisnis maka kemampuan setiap anggota tim sangat dibutuhkan.

Jadi tidak perlu khawatir jika orang-orang yang Anda rekrut tidak memiliki pengalaman kerja, jika mereka memiliki kemampuan, orang-orang di tim Anda akan bersatu menjadi tim yang besar dengan kemampuan yang maksimal untuk pertumbuhan bisnis.

2. Cari Kandidat yang Adaptif

Kita tak bisa memungkiri bahwa tidak ada tim yang solid, yang ada adalah tim yang mau bekerjasama meskipun setiap anggota memiliki karakter yang berbeda. Untuk itu, sebagai startup founder Anda harus mencari kandidat yang adaptif dan mau bekerja sama.

Percuma saja jika Anda merekrut orang-orang yang tidak kooperatif dan adaptif, bukan hal yang mustahil jika bisnis Anda tidak mampu bersaing dan Anda gagal membangun tim yang kolaboratif.

3. Gunakan Media Sosial

Sekarang ini beragam media sosial dijadikan untuk mencari kandidat-kandidat yang akan bersatu dalam tim bisnis. Anda bisa menggunakan media sosial yang sedang hype di saat ini seperti Instagram, Facebook, Twitter dan LinkedIn untuk mempermudah Anda mencari kandidat anggota tim Anda. Mudah bukan? Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk menempel flyer dan membagikan brosur.

4. Tanamkan Selalu Budaya Startup Anda

Yang terpenting dari sukses membangun tim adalah menciptakan budaya yang baik di dalam perusahaan dan untuk tim. Karena setiap anggota tim Anda memiliki kepribadian, pemikiran dan karakter yang berbeda-beda, dan untuk menyatukan perbedaan tersebut maka budaya perusahaan penting guna menjadi pondasi yang sangat kuat untuk membangun sebuah tim yang sempurna.

Jangan lupa untuk menerapkan 4 strategi diatas di dalam perusahaan startup Anda. Jika Anda membutuhkan training mengenai bagaimana menjadi pemimpin dan mengelola perusahaan yang tepat, Anda bisa bergabung bersama kelas training dari kami, MY LABS. Klik disini untuk mengetahui info detailnya. Semoga berhasil!

Baca Juga : Rancang Perencanaan Pelatihan Karyawan Untuk Jadi Pemimpin yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *