Rancang Perencanaan Pelatihan Karyawan Untuk Jadi Pemimpin yang Baik

Buat Perencanaan Pelatihan Individual, Jadi Pemimpin Yang Baik dan Mandiri

Usai melakukan perekrutan dan seleksi, maka Anda telah menentukan karyawan-karyawan terbaik pilihan Anda yang akan menjadi partner kerja Anda dalam upaya membantu mencapai tujuan dan pertumbuhan perusahaan. Namun terkadang, karyawan baru masih harus mengembangkan kemampuan mereka.

Maka dari itu, untuk jadi pemimpin yang baik, Anda wajib menyediakan fasilitas pelatihan individual karyawan (training) agar kemampuan yang telah mereka miliki dapat dikembangkan secara optimal dan dampaknya kontribusi yang akan diberikan kepada perusahaan selama ia bekerja nanti akan terlaksana dengan tepat dan maksimal.

Terkadang, beberapa perusahaan tidak mau ambil pusing soal ini dengan mengirim para karyawan baru ke dalam kelas-kelas pelatihan. Namun sebenarnya, Anda bisa melakukan pelatihan secara mandiri tanpa harus mengirim mereka ke berbagai pelatihan di luar.

Langkah merancang pelatihan individual karyawan yang akan kami bahas ini akan membantu Anda mengoptimalkan peran untuk jadi pemimpin yang baik.

1. Membuat Skills Inventory

Yang harus Anda lakukan pertama adalah menilai keterampilan yang telah dimiliki karyawan saat ini. Bandingkan dengan kemampuan apa yang diperlukan untuk pekerjaan mereka. Jika dibuat listnya, seperti ini Anda menilai dan membandingkan keterampilan karyawan:

  • Bagaimana cara kerja karyawan
  • Apa kekuatan dan kelemahan mereka?
  • Dimana mereka bisa meng-improve diri mereka?
  • Ketika Anda mengevaluasi kinerja, dimana karyawan melakukannya dengan baik?
  • Terakhir, dimana mereka membutuhkan lebih banyak bantuan?

2. Memeriksa Kebutuhan Bisnis Anda

Anda juga perlu memikirkan kebutuhan bisnis yang dibutuhkan secara keseluruhan. Bagaimanapun, pelatihan adalah tentang memenuhi 2 kebutuhan, karyawan dan bisnis.

Pertanyaannya, apakah Anda mendapati kesenjangan keterampilan secara keseluruhan? Apakah ada fungsi tambahan yang Anda inginkan untuk karyawan Anda lakukan di masa depan? Seperti apa tren dalam industri perusahaan Anda di masa depan? Adakah teknologi penunjangnya?

3. Saring dan Ambil Masukan dari Karyawan

Jadi pemimpin yang baik salah satunya adalah mau mendengarkan aspirasi, kritik dan masukan dari para tim nya. Termasuk ketika Anda ingin melakukan pelatihan individual bagi karyawan baru. Satu atau dua anggota karyawan baru Anda pasti memiliki gagasan tentang apa yang ingin mereka pelajari.

Selama gagasan mereka relevan dengan pekerjaan dan sesuai dengan anggaran, untuk jadi pemimpin yang baik, coba untuk mengakomodasi permintaan mereka sebisa mungkin.

4. Membuat Rencana Bersama

Sekarang waktunya Anda duduk berkumpul bersama karyawan baru dan mulai membuat rencana pelatihan bersama dari keempat hal diatas yang telah diajukan.

Lakukan hal ini setidaknya setahun sekali atau paling tidak ketika kedatangan karyawan baru. Rencanakan keterampilan apa yang harus karyawan Anda miliki dan fokuskan ke tujuan di tahun depan.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menyusun rencana pelatihan karyawan, TUW Consultant siap membantu Anda untuk merancang pelatihan yang bisa Anda lakukan di kantor tanpa harus ribet mengirim mereka ke berbagai seminar atau workshop pelatihan. Hubungi langsung admin kami via Whatsapp di no 0821-1659-176.

Baca Juga: Ketahui 5 Strategi Human Resources Management yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *