5 Keterampilan Manajer Yang Wajib Dimiliki, Bawa Pertumbuhan Signifikan Dalam Perusahaan

Tanamkan Keterampilan Manajer Untuk Tumbuhkan Perusahaan

Seorang manajer wajib memiliki keterampilan dasar dalam manajemen bisnis agar mampu mengelola dan memotivasi timnya secara efektif. Peran utama dari seorang manajer di setiap organisasi maupun perusahaan adalah untuk memimpin, memotivasi, mendukung dan mendorong karyawan untuk mau bekerja sama mencapai tujuan perusahaan.

Dan yang paling penting, seorang manajer harus mampu membawa pengaruh signifikan dan berarti bagi tim maupun perusahaan nya. Kebanyakan manajer sering mengalami masalah-masalah fundamental seperti kurangnya keterampilan manajer yang perlu dimiliki sehingga tidak mampu memimpin tim dengan baik dan kesulitan merumuskan hingga mengeksekusi perencanaan strategis bagi pertumbuhan perusahaan.

Sehingga, untuk menjadi seorang manajer yang efektif dan berkelas dunia, Anda harus mampu memiliki keterampilan manajer yang mumpuni agar mampu berkembang selaras dengan lingkungan organisasi yang tumbuh semakin cepat dan kompleks. Berikut 5 keterampilan manajer yang wajib dimiliki Anda, para calon world class manager.

1. Conceptional Skill

Seorang manajer khususnya manajer tingkat atas (top manager) wajib memiliki keterampilan manajer untuk menyusun perencanaan strategis, konsep, ide dan gagasan demi kemajuan organisasi. Kemudian Anda harus mampu menjabarkannya kepada seluruh tim dengan detail agar mampu menjadi suatu rencana kegiatan dengan tujuan mewujudkan gagasan tersebut.

2. Humanity Skill

Selain keterampilan konsepsional, manajer juga harus memiliki keterampilan berkomunikasi atau yang ada hubunagnnya dengan orang lain. Komunikasi persuasif harus selalu diterapkan oleh manajer terhadap tim nya. Dengan komunikasi persuasif dan bersahabat, tim akan merasa dihargai dan mereka akan bersikap terbuka pada Anda.

3. Technical Skill

Keterampilan ini mengacu pada kemampuan Anda sebagai manajer untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu yang berkaitan pada hal-hal teknis.

4. Time Management Skill

Seorang manajer harus mampu mengelola waktu yang dimilikinya secara bijaksana. Setiap menit yang terbuang sia-sia akan sangat merugikan perusahaan. Waktu adalah aset yang sangat berharga, oleh karenanya manajer harus mampu mengelolanya dengan sangat baik agar produktivitas perusahaan tetap berjalan baik.

5. Making Decision Skill

Keterampilan manajer yang terakhir adalah mampu mendefinisikan masalah dan menentukan cara terabik dalam mengatasinya. Ini adalah keterampilan yang utama yang harus dimiliki oleh seorang top manager.

Jadilah manajer ekselen dengan menguasai 5 keterampilan dasar tersebut. Dengan begitu, Anda akan mampu menumbuhkembangkan perusahaan dan tim akan selalu memberikan performa terbaik di setiap pekerjaan mereka untuk meraih tujuan bersama perusahaan.

Baca Juga: Bisnis Inkubator VS Bisnis Akselerator, Lebih Pilih yang Mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *