Ketahui 5 Ciri Khas Jadi Pemimpin Sukses dan Berpengaruh

Yuk Belajar Jadi Pemimpin Berpengaruh Bagi Tim Anda!

Jadi pemimpin bukan hanya sekedar memimpin orang lain yang berada dalam genggaman Anda, namun bagaimana Anda mampu menggerakkan mereka, menciptakan motivasi dalam diri tim Anda dan membuat mereka selalu mencintai apa yang mereka kerjakan.

Perkara jadi pemimpin memang se kompleks itu, namun Anda tidak perlu bingung bagaimana caranya jadi seorang pemimpin yang mampu melakukan hal-hal tersebut. Simak 5 strategi jadi pemimpin yang sukses dengan memiliki pengaruh pada tim dibawah ini:

1. Pengaruhi Tim Mulai dari Skala Kecil

Jadi pemimpin dengan kualitas tinggi tidaklah mudah, Anda harus memulainya dengan skala kecil. Mulailah dengan merangkul seluruh tim untuk menyusun strategi guna mencapai sebuah target perusahaan. Gunakan soft skill yang Anda miliki seperti percaya diri, komunikasi fasih saat memimpin rapat dan menjadi mediator saat terjadi konflik dalam tim Anda.

2. Berpikir Besar Melalui Daftar Tugas Kecil

Menjadi besar dimulai dari mengerjakan hal-hal yang kecil. Demikian pula jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh besar. Anda bisa memulainya dengan mencatat setiap agenda atau daftar tugas harian tim Anda. Susun menurut standar prioritas masing-masing anggota. Dengan begini, Anda dan tim dapat mencapai tujuan perusahaan lebih cepat

3. Jadi Pemimpin yang Sukarela Membantu Tim

Jadilah salah satu sumber pembelajaran bagi orang lain melalui kehidupan Anda dengan menghasilkan kesempatan untuk membantu mereka dalam mencapai kesuksesan dalam hidup mereka. Bantu mereka jika sedang mengalami kesulitan dengan kemampuan yang Anda miliki.

4. Amati, Tiru, Modifikasi (ATM)

Belajar dari orang-orang dengan segudang pengalaman hidup mereka dalam memimpin orang-orang. Amati gaya kepemimpinan yang mereka gunakan, lalu ikutilah seminar pelatihan kepemimpinan yang diadakan oleh role model Anda. Kemudian tiru gaya mereka dan modifikasi sesuai dengan situasi yang ada dalam organisasi atau perusahaan Anda.

5. Konsisten dalam Memimpin

Tips jadi pemimpin berpengaruh yang terakhir adalah konsisten dalam membangun kepercayaan tim pada Anda. Kepercayaan adalah faktor terpenting dalam segala hal yang Anda lakukan, apalagi ketika Anda mengambil sebuah keputusan, Anda tidak boleh terlihat plin plan dalam mengubah atau menentukan sebuah keputusan yang akan Anda buat. Semakin konsisten Anda, semakin tim akan percaya terhadap Anda.

Lakukan kelima tips di atas dengan menyesuaikan kondisi organisasi maupun perusahaan yang sedang Anda kelola. Jadi pemimpin yang sukses bawa pengaruh dan menggerakan tim itu mudah bukan?

Baca Juga: Jadi Pemimpin yang Baik dengan Tips Memotivasi Produktivitas Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *