5 Skills yang Harus Dikuasai Sales

Profesi sebagai sales seringkali mengalami perubahan yang cukup signifikan. Pembeli yang mendominasi, penjualan sales yang selalu berubah-ubah, teknologi yang mengubah profesi seseorang. Hal tersebut sangat buruk, sehingga beberapa orang memprediksi bahwa 15 juta sales akan hilang di tahun-tahun yang akan datang. Untuk bertahan di lingkungan seperti itu, seorang sales harus memiliki keterampilan yang dapat mereka kuasai dan praktikan secara langsung saat berinteraksi dengan pembeli. Ada lima keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh sales, di antaranya:

1. Memahami pembeli
Yang terpenting dari sales skill saat ini hanyalah memahami pembeli. Ini adalah dasar dari penjualan yang efektif. Namun itu juga melibatkan lebih dari sekedar memahami siapa pembelinya. Sebaliknya, ini mengenai bagaimana Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan yang diinginkan pembeli, karena mereka sedang mempertimbangakan untuk melakukan transaksi dengan Anda. Sebagai calon pembeli, mereka pasti mengharapkan sesuatu yang lebih dan dapat memenuhi hal yang sedang mereka butuhkan. Anda tidak dapat menarik mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan, jika Anda tidak memahami apa yang benar-benar sedang mereka butuhkan.

2. Tawarkan dengan cara yang responsive
Saat seorang sales sudah memahami pembeli, Anda dapat terlibat dalam responsive penjualan. Hal utama di sini yaitu untuk memberikan kesempatan pada pembeli untuk memberitahu apa yang sebenarnya sedang mereka inginkan, dan kapan mereka menginginkannya. Misalnya, jika pembeli Anda ingin mencoba produk Anda untuk mengevaluasi apakah produk Anda akan mereka beli atau tidak. Berikan mereka free tester dengan menunjukkan nilai dari produk Anda.

Baca juga: 4 Strategi Jual Beli Supaya Sukses

3. Gunakan psikologi untuk berinteraksi dengan pembeli
Sungguh tidak terduga bahwa hanya sedikit sales yang tahu bagaimana melibatkan psikologi saat berinteraksi dengan pembeli. Ada berbagai teknik yang dapat Anda terapkan untuk menciptakan keterlibatan yang lebih intensif dengan target pembeli Anda. Salah satu tips yang sangat efektif ialah memastikan bahwa calon pembeli tahu bahwa Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu mereka.

4. Menumbuhkan rasa percaya dengan pembeli
Pembeli suka berbisnis dengan orang yang mereka percayai. Sales mobil yang stereotip tidak lagi relevan. Sales yang baik dapat melihat kemampuan mereka untuk membangun rasa kepercayaan dengan pembeli sebagai keterampilan penjualan yang paling utama. Menumbuhkan rasa kepercayaan dengan pembeli seperti halnya memahami apa yang diinginkan oleh mereka.

5. Berkomunikasi secara ringkas
Mengingat ragamnya kesibukan pembeli, oleh karena itu seorang sales harus memastikan bahwa Anda harus berkomunikasi secara ringkas. Pembeli menilai bagaimana informasi yang disajikan dapat lebih dari sekedar informasi. Saat ini, bentuk presenetasi atau penawaran yang disukai adalah keringkasan dalam mempromosikan suatu produk yang Anda tawarkan. Aturan yang bagus pada pin ini adalah jangan pernah mencoba berkomunikasi lebih dari tiga poin penting dalam satu percakapan dengan pembeli.

Baca juga: The Secret of Sales Mastery Workshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *